• Berita Terkini

    Kamis, 16 Mei 2024

    Jelang Idul Adha, Harga Bawang dan Cabai Merah Masih Tinggi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Meski sempat mengalami penurunan, namun harga  bawang merah dan cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional masih tergolong tinggi. Tingginya harga tersebut, juga berimbas pada harga sejumlah sayuran yang juga mengalami kenaikan.

    Tingginya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok Jelang Hari raya Idul Adha terpantau di Pasar Tumenggungan Kebumen, Selasa (16/5).  Seperti harga Bawang merah, meski sudah mengalami penurunan, namun harganya masih tergolong tinggi. Harga eceran mencapai Rp 50 ribu per kilogramnya dari sebelumnya yang mencapai Rp 70 ribu per kilogramnya. 

    Sedangkan untuk cabai merah besar kini harga eceran masih di Rp 55 ribu dari yang sebelumnya Rp 70 ribu per kilogramnya. Masih tingginya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional, juga berimbas pada naiknya harga sejumlah sayuran.


    Seperti sayuran kubis yang sebelumnya harga eceran hanya dijual di angka Rp 10 ribu, saat ini sudah mencapai Rp 15 ribu per kilogramnya. Naiknya harga Kubis tersebut menurut pedagang disebabkan kurangnya pasokan dari petani karena gagal panen.

    Salah satu Pedagang Pasar Tumenggungan Wijiati menyampaikan beberapa harga sudah kembali normal. Namun demikian masih terdapat beberapa yang mengalami kenaikan. Disisi lain meski harga bawan dan cabai sudah mulai turun namun masih tergolong tinggi bila dibandingkan dengan harga normal.

    “Ya sudah lumayan normal. Namun beberapa jenis sayuran malah ada yang naik. Ini seperti kubis pada lebaran kemarinpaling Rp 10 ribu sekarang Rp 15 ribu per kilogramnya. Naiknya karena gagal panen dan pasokan kurang,” tuturnya.

    Kalau harga cabai dari lebaran kemarin sudah kembali normal. Harga rawit sekarang eceran sekitar Rp 25 ribu, kriting eceran Rp 40 ribu, Rp 35 ribu. Harga cabai merah besar masih lumayan mahal  yang tadinya sampai Rp 70 ribu sekarang Rp 50 ribu sampai Rp 55 ribu satu kilogramnya.

    “Bawamg merah lumayan banyak turunnya kemarin pas lebaran Rp 70 an ribu yang besar super sekarang eceran sudah Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogramnya. Bawang putih jalan di tempat setelah lebaran ya eceran Rp 45 ribu, nggak ada kenaikan nggak ada penurunan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top