• Berita Terkini

    Senin, 20 Mei 2024

    Personel Polres Kebumen Jalani Cek Urine



    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Secara mendadak, Sipropam Polres Kebumen mengadakan kegiatan pengecekan urine narkoba kepada para personel Polres Kebumen. Dalam hal ini terdapat 52 personel Polres Kebumen hyang mengikuti pengecekan urine secara acak, Senin (20/5).

    Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto menerangkan pengecekan urine dilakukan secara secara acak.  Ini dilaksanakan di Gedung Tribrata Mapolres selepas para personel mengikuti Upacara Harkitnas. Secara acak beberapa personil ditunjuk untuk mengikuti kegiatan tersebut.. Saat pengecekan, Sipropam melibatkan Sidokkes dan Satresnarkoba. 

    “Kami tunjuk personel secara acak untuk mengikuti test urine tersebut. Pengecekan ini untuk mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan Polres Kebumen,” jelas AKP Heru. 

    Menurut AKP Heru, tidak lebih dari lima menit, hasil pengecekan bisa langsung diketahui saat itu juga. Jika terdapat personel yang menggunakan narkoba, akan langsung ketahuan. Hasilnya, dari 52 personel yang mengikuti cek urine hasilnya negatif narkoba. 

    Para personel yang mengikuti cek urin diawasi oleh Sipropam. Pintu kamar mandi dijaga oleh Provos untuk meminimalisir kecurangan saat menuangkan urine ke dalam gelas ukur. Dengan demikian dipastikan urine yang diperiksa merupakan milik personil yang bersangkutan.

    Kasipropam Polres Kebumen AKP Sugiyanto menambahkan, hasil kegiatan cek urine dilaporkan ke Polda Jawa Tengah. Dalam ini jika ditemukan personil Polres yang positif narkoba maka itu termasuk kategori pelanggaran berat. 

    “Kami sangat bersyukur tidak ada yang positif narkoba. Namun jika didapati positif narkoba, termasuk pelanggaran. Personel yang bersangkutan bisa dikenakan sanksi kode etik Polri," jelas AKP Sugiyanto. 

    Saat ini kejahatan penyalahgunaan narkotika perlu diwaspadai bersama. Hampir semua kalangan banyak dijumpai kasus narkoba. Mulai dari kalangan bawah, menengah hingga atas. Untuk meminimalisasi penyalahgunaan narkoba, perlu dilakukan pengecekan urine secara berkala.

    Bahkan hingga sampai saat ini Polres Kebumen masih gencar menggelar pencanangan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar). Kegiatan ini menyusul banyaknya kasus narkoba di tingkat desa. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top