• Berita Terkini

    Rabu, 29 Mei 2024

    Tukang Becak Ikut Kecipratan Berkah Idul Adha


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Datangnya Hari raya Idu Adha tak hanya menjadi berkah bagi para peternak. Berkah juga dirasakan oleh para tukang becak.


    Ya, becak yang biasanya digunakan sebagai sarana transportasi bagi sebagian masyarakat, hari-hari ini mengalami penambahan fungsi. Yakni untuk mengangkut hewan kurban seperti kambing ataupun domba.

    Menjelang Parayaan Idul Adha ini, puluhan becak berjejer rapi di Pasar Hewan Argopeni Kebumen, pada Selasa (28/5). Para abang becak tersebut bukan untuk menunggu penumpang manusia, melainkan untuk menunggu hewan kurban yang akan diangkutnya.

    Tidak hanya satu, para abang becak tersebut mampu membawa tiga ekor kambing ataupun domba sekaligus, dalam sekali perjalanan. Tarifnya pun cukup menggiurkan, yakni berkisar Rp 50 sampai 60 ribu untuk satu ekor kambing atau domba yang diangkutnya.


    Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, menjadi momentum yang membawa berkah tersendiri bagi para abang becak untuk mengangkut hewan kurban di Kebumen. Pasalnya dalam sehari, para abang becak ini bisa mengantarkan tiga sampai empat kali pengantaran Kambing ataupun domba.

    Salah satu pemilik jasa becak kambing Robert menyampaikan jasa angkutan becak banyak diminati. Becak dapat mengantar kambing hingga sampai tujuan bahkan sampai ke rumah pembeli. Hal ini tentu berbeda dengan mobil, yang terkadang tidak semua tempat dapat memiliki akses mobil. 

    Dalam sehari kalau sudah musim lebaran bisa sampai tiga hingga empat kali. Tarifnya Rp 50 sampai Rp 60 ribu. Paling jauh ke Kutoarjo Purworejo. Satu becak dapat muat tiga kambing,  jelasnya.

    Pihaknya mengaku jika pada puncaknya yakni dua hingga tiga hari menjelang Idul Adha,   pihaknya, pehari bisa mengantar lima hingga tujuh kali. Hal ini tentunya menjadi pendapatan tersendiri baginya. 

    Adanya becak kambing juga menguntungkan bagi masyarakat atau pembeli hewan kurban. Jasa tersebut diperlukan untuk membawa hewan kurban yang dibelinya. Sebab memang tidak setiap angkutan umum mau membawa hewan kurban. Pasalnya tidak menutup kemungkinan hewan kurban dapat buang kotoran di kendaraan

    Becak saya bawa sendiri. Ramainya besok tiga hari sebelum lebaran. Kalau pas puncaknya bisa antar enam hingga tujuh kali dalam sehari, ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top