• Berita Terkini

    Kamis, 13 Juni 2024

    Bulan Juni Membawa Berkah bagi Pengrajin Buket


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Awal Bulan Juni ternyata mendatangkan berkah tersendiri bagi pengarajin buket di Kebumen. Bagaimana tidak, diakhir tahun pelajaran seperti saat ini, banyak sekolah yang menggelar kegiatan perpisahan sekolah yang banyak menggunakan buket sebagai hadiah.

    Momen perpisahan sekolah yang biasa dirayakan dengan kegiatan wisuda tersebut ternyata banyak dimanfaatkan masyarakat khususnya pelajar. Ini dengan merayakan kelulusan dengan cara memberikan hadiah, salah satu hadiahnya berupa buket.

    Salah satu penjual buket, Ayu Tania beberapa hari terakhir mendapatkan banyak pesanan buket untuk hadiah kelulusan sekolah. Di momen seperti saat ini pihaknya setiap hari bisa membuat 20 aneka ragam buket yang dipesan pelangganya.

    “Ya kalau hari-hari biasa nggak nyampai 10, beberapa hari ini karena banyak yang lulusan sekolah jadi banyak pesanan sehari bisa bikin 20 buket,” kata Ayu saat ditemui di galeri buketnya di Kebumen, baru-baru ini

    Terlebih saat ini pemberian hadiah buket tak hanya diberikan kepada mahasiswa yang baru wisuda dari perguruan tinggi saja, namun hampir di semua jenjang pendidikan, mulai dari PAUD, TK hingga tingkat SMA. Hal ini lah yang menjadi rizki tersendiri bagi para pengrajin dan pedagang buket.


    “Yang pesen buat lulusan hampir semua sih mas, dari TK sampai SMA bahkan perguruan tinggi,” imbuhnya.

    Buket yang ia buat juga beragam, dari buket snack, buket bunga, buket boneka bahkan buket uang, semua ia kerjakan tergantung keinginan pelanggannya. Untuk buket buatanya di bandrol mulai harga Rp 35 ribu hingga Rp 600 ribu tergantung isi buketnya.

    “Kadang yang [esen udah bawa barnagnya kita tinggal buat, ada juga yang terima udah jadi. Harganya mulaidari Rp 35 ribu sampai yang terakhir kemarin kita bikin Rp 600 ribu juga ada,” jelas Ayu.

    Ayu menuturkan, selain momen perpisahan sekolah atau wisuda, pesanan buket biasanya ramai pada momen hari ibu, hari valentine, dan hari guru. Dimana banyak dari masyarakat memberikan hadiah untuk orang tersayang. Tak hanya membuat buket, dirinya juga bisa mengerjakan aneka seserahan dan mahar.  “Ya ramai kalau valentine, hari guru, sama perpisahan sekolah kaya saat ini,” paparnya.

    Sementara itu, Indah salah seoroang pembeli mengaku memesan buket berisikan aneka snack untuk putrinya yang akan merayakan kelulusan sekolah dasar. Dirinya sebelumnya sudah memsan dulu melalu pesan whatsapp. Selain hasilnya sesuai dengan pesanan yang diinginkan, dirinya menuturkan, harganya pun terjangkau.

    “Ini pesen buat anak saya, perpisahan SD. Kemarin pesen dulu, pengerjaanya tepat waktu, hasilnya bagsu dan harganyua terjangkaui,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top