• Berita Terkini

    Rabu, 26 Juni 2024

    Dugaan Penipuan Jual Beli Tanah; Saksi Daliman Mengaku Tidak Ikut Tanda Tangan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Salah satu saksi jual beli tanah Daliman (71) Warga RT 3 RW 3 Dukuh Jaganayan Desa Surotrunan Alian mengaku tidak ikut menandatangai Surat Perjanjian jual beli tanah. Ini antara Penjual Sutaja Mangsur (70) Warga Dukuh Kragapitan RT 3 RW 7 Desa Seliling Alian dengan Pembeli salah satu Anggota DPRD Kebumen berinisial K.

    Dalam transaksi tersebut, Daliman sendiri merupakan saksi dari pihak pembeli yang tercantum dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tanah. Namun demikian diakuinya, memang dirinyalah yang awalnya mempertemukan antara Sutaja Mangsur dengan Anggota DPRD K.

    Saat ditemui dirumahnya, Rabu (26/6) Daliman pun menceritakan jika pada awalnya, Sutaja Mangsur mendatangi rumahnya. Kala itu Sutaja Mangsur menyampaikan hendak menjual tanah dan meminta dirinya untuk mencari pembeli.

    Awalnya Sutaja datang ke sini dan menyampaikan akan menjual tanahnya. Saya diminta untuk mencari pembeli tanah,  tuturnya.

    Daliman yang memang kerap menjadi perantara jual beli tanah pun menghubungi K dengan maksud menawarkan tanah milik Sutaja tersebut. Selang beberapa waktu kemudian, bersama dengan K, Daliman mendatangi rumah Sutaja Mangsur.


    Saya mengantar K ke rumah Sutaja.  Ini untuk rembugan sendiri terkait harga tanah yang akan dijualnya,  katanya.

    Dalam pertemuan tersebut, terjadi kesepakatan diantara kedua belah pihak. Dimana harga tanah yang disepakati adalah Rp 240 juta. Selang beberapa hari kemudian Daliman dihubungi untuk datang ke Balai Desa Seliling Alian.  

    Di balai desa, saya tidak ikut masuk dan hanya diluar saja. Setelah itu saya menemani perangkat desa ke rumah Sutaja Mangsur. Ini untuk meminta tanda tangan Sutaja pada Surat Pernyataan Perjanjian Jual Beli tanah. Saya melihat Sutaja menandatangani surat tersebut,  jelasnya.

    Setelah itu, lanjutnya, pihaknya tidak lagi kembali ke balai desa melainkan langsung pulang. Bahkan pihaknya sama sekali tidak mengetahui jika namanya terdapat di Surat Perjanjian Jual Beli tanah sebagai saksi.

    Saya baru tahu kemarin. Kalau nama saya itu terdapat di Surat Pernyataan  sebagai saksi. Saya memastikan sama sekali tidak ikut bertandatangan," paparnya.

    Sebelumnya telah diberitakan, salah satu Anggota DPRD Kebumen berinisial K dilaporkan ke Polda Jateng atas dugaan penipuan dan pemalsuan. Persoalan tersebut berkaitan dengan jual beli tanah antara Sutaja dan K. 

    Dalam hal ini Sutaja Mangsur sebagai pelapor. Pihaknya melapor lantaran sertifikat tanahnya telah beralih nama menjadi milik K. Menurut pengakuan dari Sutaja,  awalnya K meminjam sertifikat tersebut, namun tidak kunjung dikembalikan malah justru dibalik nama.

    Saya baru dititipi uang Rp 130 juta secara bertahap. Padahal sepakat nilainya akan dibayar Rp 240 juta. Gak terimanya disitu saya mas,  papar Sutaja Mangsur.

    Penasihat Hukum Suteja Mangsur Kartiko Nur Rakhmanto SH menyampaikan jika kliennya tidak pernah menjual atau menghibahkan tanah miliknya. Namun, kemudian telah muncul sertifikat atas nama K.

      Atas dasar itu pihak kami melaporkan Anggota Dewan inisial K, ke Polda Jateng dengan dugaan tindak pidana penipuan," tandasnya.

    Sementara itu, Penasihat Hukum HD Sriyanto terlapor K, saat dihubungi melalui sambungan telepon menyampaikan semua warga negara Indonesia memilik hak yang sama dalam hukum.

    Kalau tanggapan saya ya monggo-monggo saja. Silahkan mau melapor kemana, yang penting sesuai fakta, kalau misalnya nanti tidak cukup bukti tentu kami akan laporkan balik," ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top