• Berita Terkini

    Senin, 10 Juni 2024

    ENERGI MUDA UNTUK KEBUMEN:POTENSI DAN PELUANG DI PILKADA 2024

     

    Ibnu Nugroho, M. Sc

    Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen untuk periode 2024-2029 dipastikan akan berlangsung pada 27 November 2024. Sayangnya, dari nama-nama yang digadanggadang masuk bursa pesta demokrasi tersebut tidak satupun berasal dari kaum muda.

    Padahal, kepala daerah dari kaum muda bisa menjadi alternatif strategis untuk menggenjot pembangunan di Kabupaten Kebumen. Berkaca dari sejarah, Kebumen pernah dipimpin bupati muda Rustriningsih yang ketika menjabat Bupati Kebumen periode pertama berusia 33 tahun. Ia berhasil membuktikan bahwa pemimpin muda mampu membawa Kebumen ke arah yang lebih baik.

    Mba Rustri, sapaan akrabnya, bahkan kerap menjadi role model bagi kepala daerah lain di Indonesia karena mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kebumen yang awalnya Rp 6 miliar menjadi Rp 23 miliar dalam kurun waktu tiga tahun. Kepiawaiannya tersebut bahkan diakui badan dunia untuk bidang Ekonomi – Asia Pasifik dengan menganugerahi Outstanding Woman in Local Government Certificate of Recognition pada tahun 2001.


    Rustriningsih juga terkenal dekat dengan masyarakat. Ia mendirikan stasiun televisi lokal yang setiap hari digunakan untuk dialog dengan masyarakat melalui siaran langsung “Selamat Pagi Bupati”. Berkat kebijakannya tersebut, ia menjadi finalis Stockholm Challenge’s Award (Pemanfaatan IT untuk Pendidikan di Masyarakat) tahun 2006.


    Sayangnya, pasca mundurnya Rustriningsih sebagai Bupati Kebumen pada tahun 2008 hingga saat ini, Kabupaten Kebumen belum pernah dipimpin kaum muda lagi. Bahkan, dari nama-nama yang digadang-gadang masuk dalam bursa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen November mendatang sepi dari nama-nama anak muda.

    Padahal, Kabupaten Kebumen memiliki banyak anak muda berprestasi yang layak tampil di kancah politik lokal. Sebut saja misalnya Ulama Muda dan alumni Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Gus Fauhan Fawaqi, Ketua DPC Partai NasDem Kebumen Reza Mardhika, pengusaha muda sekaligus manajer Persak Kebumen Tursino, atau anak-anak muda lain di Kabupaten Kebumen.



    Yang Muda, Yang Energik

    Keberhasilan Rustriningsih menunjukkan pentingnya mempertimbangkan kaum muda untuk masuk dalam bursa calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. Pemimpin muda

    dikenal memiliki energi, inovasi, dan kedekatan dengan teknologi yang dapat membawa perubahan signifikan. Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat dan sulit diprediksi (VUCA), pemimpin muda diharapkan mampu menyesuaikan strategi dan rencana kerja dengan cepat dan tepat.


    Anak muda mampu berpikir di luar kotak dengan ide-ide segar dan inovatif serta berani mengambil risiko yang diperlukan untuk memajukan daerah. Keberadaan calon dari kalangan muda juga dapat meningkatkan partisipasi politik di kalangan pemuda, karena merasa lebih terwakili dan terdorong untuk ikut serta dalam proses demokrasi.

    Dengan terpilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden dari kalangan muda, kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah akan lebih mudah, menciptakan sinergi yang lebih baik dalam menjalankan program-program pembangunan. 

    Oleh karena itu, sangat penting untuk membuka peluang bagi pemimpin muda dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2024 demi kemajuan dan kesejahteraan daerah di masa depan. 


    Ibnu Nugroho, M. Sc

    Huries Indonesia


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top