• Berita Terkini

    Rabu, 12 Juni 2024

    ESC MANSA Kebumen, Praktik Bahasa Inggris Atraktif dan Edukatif


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-ESC MAN 1 (MANSA) Kebumen melaksanakan kegiatan pembelajaran dan praktik berbahasa Inggris dengan atraktif dan edukatif. Selama satu hari, dalam acara One Day English Course para MAN 1 Kebumen siswa mengikuti beragam game berbahasa Inggris dengan penuh suka cita. Kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Gor MAN 1 Kebumen itu, dilaksanakan bersama dengan Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK).

    ESC MANSA atau English Study Club MAN 1 merupakan salah satu unit Ekstra Kurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen yang melaksanakan bidang pengembangan bahasa dan Literasi Bahasa Inggris. ESC MAN 1 Kebumen sendiri telah lama menjalin kerjasama dengan KWIK sejak tahun 2014. Artinya kerjasama tersebut telah dilaksanakan selama satu dasawarsa atau 10 tahun.

    Pembina ekstra kurikuler ESC ( English Study Club) MAN 1 Kebumen Dra Elly Samodrati menyampaikan  ESC MANSA sudah bekerjasama dengan KWIK sejak pertama kali KWIK lahir pada tahun 2014. Setiap tahun pihaknya mengirim anggota ESC atau mengundang Tim KWIK ke sekolah untuk mengasah Bahasa Inggris para siswa. 


    Para siswa inilah yang nantinya siap untuk ditujukan menjadi tutor bagi adik kelasnya pada  ekstrakurikuler ESC yang terjadwal satu kali seminggu. Pengalaman kami setelah mereka beraktifitas sehari penuh. Pembelajaran dengan game dan praktik membuat mereka menjadi percaya diri dan memiliki keberanian untuk bicara menggunakan Bahasa Inggris,  tuturnya.

    Disampaikan pula, untuk tahun 2024 ini ESC MANSA mengagendakan kegiatan One Day English Course dengan mengundang langsung Founder KWIK Novanda Alim Setya Nugraha SS MHum. Pihaknya juga merupakan Dosen IT Telkom Purwokerto.

    Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan pengalaman melakukan pembelajaran diluar Madrasah. Memperoleh ilmu baru dari KWIK Kebumen dan menambah wawasan berbahasa Inggris. Melatih keberanian dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk praktik berbahasa secara aktif.

    Sasarannya adalah para siswa MAN 1 Kebumen yang merupakan dewan pengurus dari Club Mansa Kebumen yang akan melaksanakan program Tutor for Junior yaitu mengadakan tutor tamu untuk berlatih memberikan materi Fun Learning English kepada siswa SMP di Kebumen yang mnemiliki kegiatan Ekstra Kurikuler English Club,  jelasnya.

    Founder KWIK Novanda Alim Setya Nugraha  menyampaikan kerjasama dengan MAN 1 Kebumen, telah dilaksanakan selama 10 tahun. Ini sangat bermanfaat bagi siswa. terbukti banyak lulusan MAN 1 Kebumen yang terserap di Perguruan Tinggi dalam Prodi Kebahasaan utamanya Bahasa Inggris dan Arab.

    Selama satu hari kita melakukan kegiatan belajar dan pendampingan. Pembelajaran dilaksanakan dengan kegiatan game yang menyenangkan. Ini seperti ular tangga berbahasa Inggris dan lain sebagainya,  ucapnya. (mam)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top