• Berita Terkini

    Rabu, 26 Juni 2024

    LSI: 72,4% Warga Kebumen ingin Arif Rista Menjabat lagi


    KEBUMEN kebumenekspres.com)- Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengadakan survei mengenai beberapa hal, baik menyangkut kepuasaan masyarakat, tingkat kebahagiaan, kondisi ekonomi, pemerintahan, serta mengenai pemilihan kepala daerah, elektabilitas Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sebagai calon incumbent. 


    Dari survei tersebut, disebutkan tingkat kepuasan warga Kabupaten Kebumen terhadap kepemimpinan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih sangat tinggi, yakni 79,1% menyatakan puas, 5,4% sangat puas, dan 12,6% kurang puas. 


    Kemudian, LSI juga merilis tingkat kebahagiaan masyarakat Kebumen di bawah kepemimpinan Arif-Rista. Hasilnya 81,8% masyarakat menyatakan bahagia, 9,3% sangat bahagia, 7,7% kurang bahagia. LSI juga merilis kinerja pemerintah daerah terutama komitmennya dalam memberantas korupsi. 



    Hasilnya, 65,5% masyarakat menilai Pemkab Kebumen bersih dari korupsi, 2,0% sangat bersih, dan 14,5% kurang bersih. Kemudian dari sisi pelaksanaan pemerintahan, berupa pelayanan masyarakat, sebanyak 64,4% menyatakan tata pemerintah di Pemkab Kebumen baik, 1,6% sangat baik, 26,7% sedang, dan 5,5% menyatakan buruk. 


    Dari segi pertumbuhan ekonomi, sebanyak 86,6% masyarakat menyatakan kondisi ekonomi Kebumen tumbuh semakin baik, 40,8% kondisi sedang, dan 21,5% menyebut masih buruk. 

    LSI juga merilis data untuk Pilkada Kebumen. Elektabilitas petahana Arif Sugiyanto disebut masih sangat tinggi, yakni sekitar 70%, LSI membuat simulasi jika Pilkada Kebumen terdapat tiga kandidat, yakni Arif Sugiyanto, Lilis Suryani Fuad, dan Ristawati Purwaningsih, maka hasilnya Arif Sugiyanto 69,1%, Lilis Suryani 7,2%, dan Ristawati 4,0%. 


    Begitu juga jika Arif-Rista kembali berpasangan, elektabilitasnya pun cukup tinggi. Pasangan Arif-Rista mendapat 72,2%, Lilis Suryani Fuad dan Zaeni Miftah 8,3%, begitu juga pasangan Fauhan Fawaqi dan Dwi Yasmanto hanya mendapat 8,3%. 


    Dari hasil survei para calon kandidat bupati dan wakil bupati, setidaknya 72,4% masyarakat Kebumen menginginkan pasangan Arif-Rista kembali maju sebagai calon bupati dan wakil bupati, dan 16,9% tidak menginginkan. 


    Berdasarkan data resmi dari LSI, populasi survei iniadalah seluruh warga di Kabupaten Kebumen yang punya hak pilih dalam pemilihan umum lalu.


    "Sampel sebanyak 440 orang diambil dengan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) 4,8% dan tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling," dari data LSI yang dikutip, Senin 24 Juni 2024. 

    Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional. Wawancara tatap muka juga dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih.

    Menanggapi hal itu, Bupati Arif menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Daerah. Menurutnya, berbagai prestasi yang berhasil diraih juga karena dukungan dari masyarakat. Ia pun sampai saat ini mengaku masih terus fokus bekerja memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top