• Berita Terkini

    Senin, 17 Juni 2024

    Pawai Obor Semarakkan Idul Adha di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Datangnya Hari Raya Idul Adha disambut antusias warga Kabupaten Kebumen. Seperti terlihat pada  Minggu (16/6/2024) malam, sejumlah warga menggelar pawai 


    Di Desa Adikarso Kecamatan Kebumen, ini misalnya. Warga setemapt menggelar pawai obor keliling desa. Bahkan sebagian dari mereka membuat replika hewan kurban seperti kambing dan sapi untuk diarak keliling kampung.

    Kemeriahan pawai obor ini tampak mengular sepanjang 700 meter disambung dengan ratusan santri Pondok Pesantren Darussalam Desa Adikarso. Suasana makin meriah saat warga Kelurahan Tamanwinangun juga menggelar pawai. Kerlipan obor pun semarak pada malam hari raya itu

    Sekertaris Desa Adikarso, Amin Mustofa mengatakan, pawai obor ini digelar ini antar dukuh yang merupakan inisiasi warga. Mulai dari Dukuh Ketraman, Keputihan, Gentan, Kayuapu dan bersama para santri. 


    “Ini ide para warga sendiri untuk memeriahkan Hari Raya Idul Adha, lebaran haji kali ini memang lebih meriah dari sebelumnya,” katanya. 

    Sementara itu, Ketua RT 2 RW 5 Dukuh Ketraman, Eka Prasetio mengatakan, ide takbir keliling dan pawai obor menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H kali ini merupakan ide dan persatuan semangat para pemuda. Mereka secara sukarela iuran untuk berlangsungnya kemeriahan pawai obor ini.

    “Ini bagian dari semangat dan kekompakan para pemuda kami, mereka gotong-royong menyiapkan segala perlengkapan untuk pawai ini, bahkan mereka iuran untuk operasionalnya,” kata Eka. 

    Pawai obor tampak meriah dengan odong-odong dan kendaraan roda tiga yang membawa sound system dan bedug, bahkan gerobak dagangan ronde milik warga juga tampak digunakan untuk pawai. 

    Kemeriahan memuncak saat para anak muda dengan bahan bakar disemburkan dari mulutnya ke arah obor hingga membuat kepulan api besar. Selain itu, di beberapa wilayah lain di kebumen juga digelar pawai obor seperti di Kecamatan Alian, Petanahan, Klirong dan juga Kota Kebumen. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top