• Berita Terkini

    Selasa, 25 Juni 2024

    Satu Tahun, Pemkab Kebumen Entaskan 4.355 Pengangguran


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen dalam kurun 2023-2024 berhasil menyalurkan lebih dari 4.355 warga Kabupaten Kebumen mendapatkan pekerjaan. Jumlah tersebut dua kali lipat melampaui target dari yang ditetapkan pada program kerja di tahun 2023.  

    Kepala Disnaker Kabupaten Kebumen, Budhi Suwanto, mengatakan, jumlah penyerapan tenaga kerja yang ditargetkan oleh Dinas Tenaga Kerja pada tahun 2023 yakni sebanyak 2.312 tenaga kerja.  Namun jumlah penyerapannya lebih besar dari yang ditargetkan.

    "Ini salah satu bentuk keberhasilan  pemerintah daerah yang banyak menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat, perusahaan baik lokal maupun yang ada di kota-kota besar se indonesia," katanya.

    Budhi menjelaskan, keberhasilan penyerapan tenaga kerja tak lain berkat target dari visi misi bupati yakni  mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pengembangan potensi sumber daya alam, pariwisata dan kearifan lokal yang berbasiskan agribisnis dan ekonomi kerakyatan.

    "Keberhasilan ini merupakan wujud nyata misi bupati yang ke tiga, salah satunya diselenggarakan Program Penempatan Tenaga Kerja melalui kegiatan Pelayanan Antar Kerja, Alhamdulillah, tahun 2023 tenaga kerja yang terserap di Kabupaten Kebumen melebihi target. Tahun 2023 target tenaga kerja yang terserap sebanyak 2.312 orang dan realisasinya sebanyak 4.355 orang atau 188,6 %," katanya.


    Selain itu, tercapainya target ini tentunya dilakukan melalui berbagai upaya diantaranya optimalisasi laporan penempatan yang dilakukan oleh Bursa Kerja Khusus, Fasilitasi perekrutan perusahaan, memperluas jejaring pencarian informasi lowongan pekerjaan ke banyak perusahaan, penempatan bekerja peserta pelatihan, optimalisasi informasi penempatan melalui media sosial Disnaker, hingga Layanan Karir Bergerak Patriot ke wilayah. 

    "Upaya yang telah dilakukan merupakan komitmen Disnaker dalam membantu pengurangan pengangguran di Kabupaten Kebumen, karena berdasarkan data BPS Tahun 2023 Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten Kebumen sebesar 5,11 % turun 0,83 dari tahun 2022 sebesar 5,92 %.  Job Fair 2023 yang diselenggarakan di gedung Setda dan dibuka langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI dengan 11.000 Lowongan pekerjaan sebagai upaya memudahkan akses informasi lowongan kerja kepada masyarakat dan tentunya berbagai upaya ini didukung dengan inovasi dalam penempatan tenaga kerja," jelasnya.

    Sementara itu, Layanan Karir Bergerak Patriot sebagai Disnaker Mini ke wilayah pelosok sebagai program untuk memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan Kartu AK 1, Karir, Informasi Pelatihan, Informasi Lowongan Pekerjaan termasuk disabilitas dan Konsultasi Pekerja Migran Indonesia.  Masih kata Budhi, layanan ini hadir secara terjadwal setiap Minggu ke 3 setiap bulannya di Car Free Day Alun Alun Pancasila. Selain itu Patriot hadir di wilayah mendekat ke masyarakat baik di Kegiatan Job Fair di sekolah sekolah maupun di event yang diselenggarakan Kabupaten. 

    "Terbaru di tahun 2024 adalah inovasi pembuatan Kartu AK 1 full online. Masyarakat tidak perlu datang ke Disnaker cukup dari rumah input data melalui gadget, menunggu verifikasi dan cetak Kartu Kuning/AK 1 secara mandiri, sehingga masyarakat Kebumen yang ada di luar Kebumen dan membutuhkan AK 1 untuk bekerja dapat langsung membuat tanpa harus pulang ke Kebumen," katanya.

    Untuk penyerapan tenaga kerja, Disnaker Kebumen pada tanggal 26-27 Juni 2024  akan menyelenggarakan kembali "KEBUMEN JOB FAIR" bertempat di Gedung Setda Kebumen dilaksanakan Hybrid baik offline maupun online. 

    "Semua kemudahan ini untuk semakin mendekatkan pelayanan Disnaker kepada masyarakat sehingga Visi mewujudkan Kebumen "SEMARAK" dan Misi Bupati dapat tercapai," jelas Budhi.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top