• Berita Terkini

    Selasa, 25 Juni 2024

    SDN 1 Wonorejo Bersih-bersih Pantai Pandan Kuning Petanahan

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-SD Negeri 1 Wonorejo Karanganyar melaksanakan rangkaian kegiatan bersih pantai. Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula kegiatan Bakti Sosial. Ini dilasanakan dalam rangka memperingati Peringatan Hari Laut Sedunia, Sabtu (22/6).

    Hari Laut Sedunia sendiri jatuh pada 8 Juni 2024. Adapun kegiatan bersih pantai dan bakti sosial program program yang berkelanjutan sebagai sekolah Adiwiyata Kebumen.

    Kepala SD Negeri 1 Wonorejo Ma’rifah SPd MPd menyampaikan kegiatan bertujuan sebagai bentuk kepedulian warga sekolah terhadap alam dan masyarakat. Pantai yang bersih dan indah merupakan destinasi wisata yang menarik. Jika kotor dan banyak sampah berserakan, keindahan pantai dapat terganggu.

    “Sampah juga dapat mengganggu ekosistem laut. Oleh karena itu kepedulian terhadap kebersihan pantai sangat penting dilakukan. Kegiatan bersih pantai dilakukan oleh kepala sekolah bersama guru dengan memungut sampah terutama sampah-sampah plastik di tepi pantai,” tuturnya.

    Sampah plastik, lanjutnya, berupa bungkus makanan, sterefoam, bungkus rokok, gelas maupun botol plastik banyak ditemukan di tepian pantai. Sampah-sampah yang diambil dimasukkan dalam trash bag. 

    “Secara keseluruhan kondisi di Pantai Pandan Kuning cukup bersih sehingga hanya beberapa sisi saja yang dibersihkan oleh rombongan,” katanya.


    Setelah melakukan kegiatan bersih pantai, dilanjutkan kegiatan bakti sosial dari sekolah kepada masyarakat di sekitar lokasi. Dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah membawa paket-paket sembako. 

    Kepala sekolah dan guru secara bergantian memberikan paket sembako kepada beberapa pemilik warung, pemancing, penjual kacang rebus, penjual kitiran angin, penjual bakso, pembawa jasa kuda keliling dan lainnya yang diberikan secara random.

    “Alhamdulillah, maturnuwun sanget bu sampun diparingi, mugi berkah,” kata salah satu penjual warung yang memiliki  nama sapaanNini Buyar.

    Beberapa penerima yang lain juga berterimakasih dan mendo’akan SD Negeri 1 Wonorejo semakin maju, semakin jaya. Selain itu para guru dan semua warga sekolah diberikan kesehatan dan kelancaran rizki. Tim baksos dari sekolah pun merasa ikut terharu dengan do’a-do’a yang terucap dari masyarakat. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top