• Berita Terkini

    Rabu, 24 Juli 2024

    Heri Nugroho Isi Waktu Pensiun dengan Beternak Joper


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Setelah pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Kebumen tidak lantas membuat Heri Nugroho SH warga Kelurahan Bumirejo Kebumen  bersantai-santai. Pihaknya menikmati masa pensiun dengan beternak Ayam Jowo Super (Joper).

    Dengan cara ini pihaknya tetap memiliki aktivitas sehari-hari, setelah pensiun. Sebagai awalan  Heri Nugroho SH yang menjabat terakhir sebagai Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kebumen itu memelihara 100 ekor anak ayam. Dipilihnya jenis Ayam Joper lantaran cepat besar sehingga waktu pembesaran relatif lebih singkat yakni kisaran 60 hari atau dua bulan saja.

    “Usia 60 hari ayam ini sudah bisa dipanen. Umumnya kisaran berat di 1 kilogram lebih. Adapun harganya kisaran di angka Rp 30 ribu rupiah,”  tuturnya, saat ditemui di rumahnya, Rabu (24/7).

    Selain menggunakan pakan pabrikan atau voer, pihaknya juga menggunakan jamu dari rempah-rempah. Ini dilakukan agar ayam dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Adapun bahan jamunya meliputi kunyit, jahe, bawang putih dan gula merah.

    “Ini dilakukan rutin setiap hari. Jamu tersebut diberikan melalui air minum dengan perbandingan 10 cc per 0.5 liter air minum. Bukan itu saja, agar nafsu makannya baik, ayam juga diberi minuman dari jus daun pepaya,”  katanya.

    Disampaikannya, ayam akan diberi makan menggunakan voer hingga umur  1 bulan, Setelah itu ayam akan diberi pakan ramuan sendiri. Ini bisa dengan memanfaatkan dedak atau bekatul, dedaunan dan lainnya.

    Beberapa daun yang dapat digunakan untuk pakan tambahan ayam diantaranya, daun singkong, daun pepaya, azolla, indigofera dan lainnya. Bahkan beberapa sayuran seperti kangkung, bayam, daun ubi atua jenggel juga dapat digunakan.

    “Bahan tersebut nantinya dicampur dengan bekatul dan digunakan untuk pakan. Pemberian jamu sebagai antibiotik juga penting untuk dilakukan. selain itu yang tidak kalah penting lagi yakni vaksinasi,” jelasnya.


    Dengan beternak ayam, pihaknya berharap tetap produktif di masa pensiun. Selain sebagai hiburan usaha beternak ayam juga dapat menjadi tambahan penghasilan. Bahkan jika dilakukan dengan serius dapat menjadi penghasilan yang besar. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top