• Berita Terkini

    Rabu, 17 Juli 2024

    PSHT Gelar Pengukuhan Anggota Baru


    KEBUMEN-(kebumenekspres.com) Persaudaran Setia Hati Terate atau PSHT selalu menggelar kegiatan pengesahan atau pengukuhan warga baru. Ini dilaksanakan pada Bulan Sura atau Muharram. Pengesahan tersebut menjadi gerbang awal bagi seluruh anggota perguruan untuk diangkat menjadi warga PSHT secara resmi.

    Hal ini pula yang dilaksanakan oleh  PSHT Cabang Kebumen, pada kesempatan kali ini sebanyak 51 Anggota PSHT baru dikukuhkan. Dari jumlah tersebut 14 diantaranya merupakan anggota perempuan dan 37 laki-laki. Pengukuhan dilaksanakan di Aula Kampus IAINU Kebumen, Selasa (16/7) malam.

    Acara pengukuhan juga dihadiri oleh 12 Pengurus PSHT Pusat yang merupakan Dewan Pengesahan. Beberapa ubo rampe seperti tumpeng, ingkung ayam jago, pisang raja, bunga, air dati tujuh sumber mata air, daun sirih dan lainnya tersaji dalam ritual pengesahan tersebut. Ubo rampe memiliki makna yang mendalam. Ini mengandung nilai filsofis, doa serta harapan.

    Ketua Cabang PSHT Kebumen Bambang Restu SH menyampaikan kali ini dilaksanakan pengesahan peserta baru tahun 2024. Pengesahan dilaksanakan setahun sekali yakni pada Bulan Sura. Sebelum dilaksanakan pengesahan para siswa mengikuti pelatihan minimal satu tahun.

    Para siswa telah mengikuti pelatihan minimal satu tahun. Pengesahan dilaksanakan oleh Dewan Pengesahan dari Pengurus Pusat PSHT,  tuturnya.

    PSHT menjunjung sangat tinggi nilai persaudaraan. Untuk itu, setiap Anggota PSHT selalu menjunjung tinggi nilai persaudaraan. Hal terpenting lainnya yakni setia dan hati. Dimana setiap Anggota PSHT senantiasa menjunjung kesetiaan dan menjaga hati.

    Ketua Panitia Pengesahan Marifun menyampaikan setelah mengikuti tahapan latihan fisik para peserta juga mengikuti pematangan mental dan spiritual. Sehingga anggota PSHT kuat secara lahir dan batin. 


    Kuat lahir batin menjadikan anggota kuat fisik dan mentalnya. Ini sangat penting untuk menunjang keberlangsungan hidup para siswa. Sehingga nantinya mereka mampu menghadapi persoalan hidup dan tantangan zaman. Kuatkan persaudaraan karena kita semua adalah saudara,  tegasnya.

    Dalam kesempatan tersebut salah satu Dewan Pengesah Agung Iswardono menjelaskan berbagai macam ubo rampe yang ada mulai dari tumpeng, ingkung pisah, bunga mawar dan lainnya. Tumpeng memiliki makna tumindake sing mempeng. Dalam hal ini memiliki arti pekerja keras. Artinya anggota PSHT harus selalu rajin dan kuat dalam menggapai cita-cita. 

    Pisang raja merupakan simbol bahwa setiap warga PSHT harus bisa menjadi pemimpin. Ini baik untuk dirinya maupun sendiri maupun orang lain.  Selain itu masih banyak lagi makna yang terkandung dalam ubo rampe pengesahan anggota baru PSHT. (mam)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top