• Berita Terkini

    Selasa, 16 Juli 2024

    Survei: Elektabilitas Arif Sugiyanto 72,3%


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tidak hanya Lembaga Survei Indonesia (LSI), Bupati Kebumen Arif Sugiyanto juga menerima hasil survei dari lembaga Pandawa Research terkait elektabilitasnya sebagai petahana calon bupati Kebumen pada Pilkada 2024. 

    Dari hasil survei tersebut, disampaikan Bupati bahwa elektabilitas Bupati Arif mencapai 72,3%. Dengan begitu, mayoritas masyarakat menginginkan Bupati Arif Sugiyanto kembali maju sebagai calon Bupati berpasangan dengan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.

    "Alhamdulillah kita bersyukur dari hasil survei yang kita terima elektabilitas kami bersama Wakil Bupati Ristawati mencapai 72,3%. Masyarakat menginginkan kita kembali mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati Kebumen," ujar Bupati di Pendopo Kabumian, Senin sore, (15/6/2024). 

    Selain elektabilitas atau dukungan masyarakat sebagai calon bupati, Pandawa juga mensurvei terkait kinerja pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Arif-Rista. Termasuk tingkat kesukaan terhadap Bupati Arif. Untuk kepuasan terhadap kinerja pemerintah daerah mencapai 83,6%.

    "Kita lihat di sini kinerja pemerintah daerah Alhamdulillah 83,6%, masyarakat menyatakan puas, hampir sama dengan LSI yang 84,5%. Kemudian kami menduduki posisi tertinggi di 92,6% untuk indikator tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat," terangnya. 


    Bupati bersyukur survei tentang dirinya dan pemerintah daerah masih sangat baik. Survei ini kata dia, menjadi acuan atau dasar pertimbangan bagi partai politik dalam memberikan rekomendasi kepada paslon yang dinilai punta prestasi yang baik di masyarakat.

    "Tentunya survei ini untuk melihat potensi bakal calon. Di situ ada evaluasi kinerja pemerintah daerah, kalau incumbent pasti dicek, bagaimana kinerjanya baik atau tidak," ucapnya. 

    Dalam lembaran hasil survei tersebut, diketahui bahwa pengumpulan data berlangsung pada 19–23 Juni 2024. Kemudian teknik sampling dengan multistage random sampling, total sampel 440 responden, margin of error 4,8% dengan selang kepercayaan 95%. Juga wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

    "Dengan adanya hasil survei ini menambah semangat kami untuk terus mengabdi di Kebumen. Mohon doanya semoga diberikan kelancaran dan kemudahan. Untuk masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan berita hoaks. Karena apapun caranya dalam perpolitikan terkadang ada hal-hal yang tidak masuk akal untuk dilakukan. Tapi insyaallah saya akan fokus terus melayani masyarakat dengan kebijakan yang sudah terprogram mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Dan hasilnya bisa dilihat oleh masyarakat,” pungkasnya. 

    Tidak lupa, bupati juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kebumen yang telah mempercayakan kepadanya dalam pembangunan di Kebumen menjadi lebih SEMARAK (Sejahtera Mandiri Berakhlak). (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top