• Berita Terkini

    Senin, 26 Agustus 2024

    Karnaval Kemerdekaan Meriahkan Desa Grenggeng


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) --Euforia Hari Kemerdekaan RI ke 79 terus dirasakan oleh masyarakat Kebumen. Kali ini warga Desa Grenggeng Karanganyar menggelar karnaval dengan berbagai kostum unik. Ini seperti budaya, hasil bumi hingga pertunjukan Teatrikal Perang. Semua dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas diraihnya Kemerdekaan Indonesia.

    Berbagai macam penampilan dalam Karnaval Kemerdekaan RI ke 79 ini, merupakan kreatifitas warga, sebagai bentuk rasa syukur diraihnya kemerdekaan Indonesia. Acara karnaval juga dihadiri oleh Camat Karanganyar  Suis Idawati SSos. 

    Wajah riang dan penuh semangat terlihat di setiap peserta. Meskipun capai berjalan dan jauhnya rute tempuh, namun hal tersebut tampaknya tak menurunkan semangat para peserta. Mereka tampak riang gembira.

    Kepala Desa Grenggeng Eri Listiawan menyampaikan selain memperingati HUT RI ke 79, karnaval juga dilaksanakan sebagai peringatan Hari Jadi Desa Grenggeng ke 100 tahun atau 1 abad. Karnaval diikutti oleh seluruh warga Desa Grenggeng. Ini melibatkan ribuan peserta.

    Di Desa Grenggeng terdapat 10 RW dan 43 RT. Karnaval dikordinir oleh setiap wilayah RW dan para Kepala Dusun. Karnaval menampilkan tema perjuangan, pekerjaan masyakat desa, hasil bumi dan lainnya,  tuturnya, Minggu (25/8).

    Disampaikannya, agenda karnaval menjadi agenda tahunan yakni setiap Bulan Agustus. Adapun tahun 2024 ini merupakan tahun ke dua dilaksanakan karnaval di Desa Grenggeng. Bisanya karnaval diikuti oleh perwakilan wilayah. Namun kali ini dilaksanakan dengan melibatkan semua warga.

    Karnaval kali ini dilaksanakan dengan rute sekitar 6 kilo meter yakni mengelilingi Desa Grenggeng. Adapun rombongan karnaval mengular sekitar 2 kilometer,  paparnya.

    Sementara itu Camat Karanganyar Suis Idawati SSos menyampaikan dari kecamatan mendukung penuh acara karnaval tersebut. Ini untuk memperingati HUT RI dan Hari Jadi Desa. ini juga merupakan bentuk dukungan Nusantara Baru Indonesia Maju.

    Disisi lain penampilan budaya juga merupakan bagian dari mendukung geopark. Terlebih kini Kebumen sedang mengusulkan UNESCO Geopark. Lanjutkan,  ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top