• Berita Terkini

    Senin, 12 Agustus 2024

    Lomba Desa Kebumen 2024 Berhadiah Mobil Masuk Penilaian Akhir



    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Kabupaten Kebumen tahun ini kembali mengadakan lomba desa. Saat ini tahapan lomba desa sudah masuk pada penilaian akhir. Ada 12 Desa pemenang yang berhak mendapat hadiah satu unit mobil.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Cokro Aminoto mengatakan, pemenang lomba desa bakal diumumkan langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada saat peringatan Hari Jadi Kebumen ke 395 di Alun-alun Pancasila Kebumen, 21 Agustus 2024.

    "Alhamdulillah di era kepemimpinan Bupati  Arif Sugiyanto, lomba desa behadiah mobil. Saat ini sudah masuk tahun ketiga, dan ini terus berjalan. Kita adakan untuk mengali potensi desa, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya," ujar Cokro, saat ditemui di kantornya, Minggu 11 Agustus 2024.

    Cokro mengatakan adanya lomba desa ini untuk mendorong ruang kompetisi yang positif dan sportif bagi Pemerintah Desa dalam perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan pemerintahan,  pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.


    Adapun yang dinilai dari lomba desa ini meliputi semua aspek terkait kinerja Desa. Misalnya dalam hal tata kelola pemerintahan, sejauh mana pemerintahan Desa bersikap transparan dan bersih dari korupsi. Kemudian menyangkut sistem pelayanan, digitalisasi, administrasi, serta pendapatan desa dan perolehan PBB. 

    "Namannya lomba desa ini indikatornya banyak, menyangkut semua aspek tentang kinerja desa. Desa yang memiliki kinerja baik, punya inovasi, dan pemerintahannya bersih dari penyalahgunaan kewenangan pasti mendapat peluang besar untuk bisa menjadi juara," tuturnya.

    Dengan adanya lomba desa ini, Pemkab bisa mengetahui kinerja Pemerintah Desa dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan di desa, sekaligus bisa memotivasi desa dan untuk selalu meningkatkan kinerja serta inovasi dalam melayani masyarakat.

    Tema lomba desa tahun ini, yakni "Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Mewujudkan Desa Mandiri Menuju Kebumen Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan" 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top