• Berita Terkini

    Kamis, 08 Agustus 2024

    Polwan Bikin Tenang Siswa yang Jalani Imunisasi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bagi sebagian anak, Imunisasi masih menjadi sebuah hal yang menakutkan. Menjadi menarik melihat program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) MR yang digelar di SD Mangunharjo saat mengikuti program BIAS , Rabu 7 Agustus 2024.


    Dalam kesempatan itu, anak-anak terlihat cukup tenang. Bahkan, senyum masih menghiasi wajah mereka. Usut punya usut, para siswa begitu tenang menghadapi jarum suntik lantaran kehadiran  Bhabinkamtibmas Polsek Adimulyo, Polres Kebumen, Brigadir Solichati Adiningsih 



    Ya, Brigadir Solichati Adiningsih mendampingi murid SD Mangunharjo saat mengikuti program BIAS MR

    Bukan hanya sendiri, Bhabinkamtibmas juga didampingi Babinsa Kopda Muji saat Puskesmas Adimulyo memberikan imunisasi kepada 14 murid di SD Mangunharjo.  

    Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Plt Kasihumas Aiptu Nanang Faulatun mengungkapkan, hadirnya Bhabinkamtibmas di antara para murid dalam kegiatan BIAS merupakan bentuk "Polisi Hadir" yang merupakan program Polda Jateng.

    "Melalui kegiatan itu, Bhabinkamtibmas menyemangati anak-anak agar mengikuti BIAS, sehingga tak lagi takut karena didampingi polisi. Apalagi Bhabinkamtibmas Polsek Adimulyo tersebut adalah Polwan," jelas Aiptu Nanang, Kamis 8 Agustus 2024.

    Ada beberapa murid yang awalnya takut saat akan disuntik, akhirnya timbul percaya diri ketika didampingi Bhabinkamtibmas tersebut. 

    "Awalnya ada beberapa yang takut. Namun saat kita bujuk, kita berikan motivasi, kita peluk, akhirnya mau. Total 14 murid yang ikut imunisasi. Katanya nggak sakit," kata Brigadir Solichati Adiningsih.

    Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut BIAS merupakan pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.

    Program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. 

    Sehingga Pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia melalui program BIAS.

    Bagi sasaran yang tidak sekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di  Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.  Selain itu, imunisasi juga dapat dilaksanakan di pos pelayanan imunisasi pada tempat-tempat dimana anak yang tidak sekolah berkumpul seperti rumah singgah anak jalanan, yayasan/panti asuhan, lembaga kesejahteraan sosial, panti sosial yang dikelola pemerintah maupun masyarakat, sekolah non formal, Balai Pemasyarakatan, dan sebagainya. "Semoga hadirnya kami dalam program BIAS, bisa turut mensukseskan program pemerintah," pungkasnya. (*)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top