• Berita Terkini

    Minggu, 18 Agustus 2024

    Warga Kebumen Diminta Awasi Seluruh Tahapan Pilkada


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meminta peran aktif warga masyarakat dalam seluruh proses dan tahapan Pamilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kebumen 2024.


    Kewaspadaan ini menjadi penting, untuk mengantisipasi potensi terjadinya kerawanan dalam setiap tahapan Pilkada. Dimulai mulai penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan penetapan pasangan calon, masa kampanye, masa tenang, pendistribusian logistik Pilkada, pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara, hingga penetapan calon terpilih.



    Hal itu terungkap dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Mexolie, Jumat 16 Agustus 2024. Rapat dipimpin Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho,


    Dalam kesempatan itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang diwakili Sekda Edi Riyanto mendorong semua elemen masyarakat untuk berperan aktif mengawasi proses penyelenggaraan Pilkada. Karena dengan melibatkan masyarakat dalam pengawasan, maka semakin sedikit potensi kerawanan yang terjadi. 



    "Pastikan setiap permasalahan dan pelanggaran yang dilakukan peserta Pilkada, tim sukses ataupun masyarakat pemilih dapat diminimalisir secara baik. Sehingga nantinya hasil dari penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujar Edi saat membacakan sambutan dari Bupati


    "Karena itu untuk memastikan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kebumen berjalan dengan kondusif, Saya berpesan kepada kita semua untuk meningkatkan pengamanan dalam mengawal setiap tahapan Pilkada dengan berpedoman pada aturan-aturan dari KPU dan Bawaslu," ujar Bupati.


    Sementara itu, Kapolres AKBP Albertus Recky Robertho, menegaskan pentingnya sinergi dan koordinasi lintas sektoral dalam menghadapi Pilkada 2024. Menurutnya, seluruh pihak harus bekerja sama untuk menciptakan situasi yang aman dan damai selama proses pemilihan berlangsung. 

    "Pilkada merupakan momen krusial bagi demokrasi di Kebumen. Kita harus memastikan bahwa setiap tahapan berjalan sesuai dengan aturan, dan keamanan menjadi prioritas utama," ujar Recky.

    Recky juga menyoroti potensi konflik yang mungkin timbul selama Pilkada dan mengimbau semua pihak untuk menjaga suasana kondusif. Ia menyatakan bahwa Polres Kebumen telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna mengatasi berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan. 

    "Kami sudah melakukan pemetaan daerah-daerah yang rawan konflik dan akan menempatkan personel keamanan di titik-titik strategis untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

    Rapat koordinasi diakhiri dengan kesepakatan bersama untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar instansi, guna mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan sukses di Kabupaten Kebumen.

    Seluruh peserta rapat sepakat bahwa sinergi antar sektor merupakan kunci sukses dalam pengamanan Pilkada 2024. Semua pihak dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan Peraturan  perundang undangan yang telah ditetapkan


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top