• Berita Terkini

    Jumat, 06 September 2024

    Dua Pasangan Bakal Calon Pilkada Kebumen Lolos Tes Kesehatan




    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Dua Pasangan Bakal Calon Bupati-Bakal Calon Wakil Bupati (Bacabup-Bacawabup) Kebumen dinyatakan memenuhi syarat kesehatan. Ini setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto baru-baru ini..

    Hal itu disampaikan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen Heri Purnama berdasar hasil pemeriksaan kesehatan yang disimpulkan oleh tim medis RSUD setempat.

    Kesimpulan tersebut menyebutkan dua pasangan Bacabup-Bacawabup Kebumen, yakni H Arif Sugiyanto-Hj Ristawati Purwaningsih dan Hj Lilis Nuryani-Zaeni Miftah telah dinyatakan tidak memiliki kendala atau gangguan kesehatan.

    “Merujuk pada berita acara hasil kesimpulan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto, hasilnya fit. Keduanya layak dan memenuhi syarat kesehatan,” jelas Heri, Kamis (5/9).

    Lebuh lanjut, Heri menggarisbawahi, pada prinsipnya kedua bakal pasangan calon telah memenuhi syarat. Sebab, syarat tersebut menjadi dasar para kandidat dinyatakan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban secara jasmani dan rohani serta tanpa terindikasi penyalahgunaan narkotika.

    “Tahap ini dilakukan oleh tim pemeriksa kesehatan yang bekerja sesuai kode etik dan ketentuan berlaku. Kami tinggal terima hasil,” ungkapnya.

    Pemeriksaan kesehatan, sambung Heri, menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi oleh setiap bakal pasangan calon. Bersamaan dengan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, pihaknya juga telah melakukan verifikasi berkas pendaftaran sebelum masuk pada tahap penetapan calon.

    “Verifikasi berkas sudah, tinggal ada beberapa perbaikan dan sudah kami sampaikan,” imbuhnya.

    Sekedar mengingatkan, Bacabup/Bacawabup Arif-Rista dan Lilis-Zaeni menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo Purwokerto pada Sabtu (31/8) hingga Minggu (01/9). Pada pemeriksaan kesehatan itu, ada sebanyak 38 dokter spesialis yang ikut terlibat.

    Pemeriksaan kesehatan yang juga bersamaan dengan lima kabupaten lain di Jawa Tengah, yakni Wonosobo, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan Banyumas tersebut juga melibatkan tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam uji bebas narkoba. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top