• Berita Terkini

    Senin, 16 September 2024

    SDN 1 Wonorejo Gelar Sosialisasi Geopark


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-SD Negeri 1 Wonorejo Karanganyar menggelar rangkaian Kegiatan Penilaian Lomba Kelas Tahun Ajaran 2024/2025. Selain itu dilaksanakan pula Sosialisasi Geopark Kebumen (Geopark Goes to School), Selasa (10/9).

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kebumen Yanie Giat Setyawan SSos MAcc, Tim Geopark Kebumen Muwakhir SSos dan Firman Efendi SSi. 

    Hadir pula dari Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Siti Mutmainah SPd, Pengawas SD Kecamatan Karanganyar, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Negeri 1 Wonorejo, Komite Sekolah,  Grup Kesenian Kothekan Desa Wonorejo, Paguyuban Walisiswa Kelas 1-6 dan Siswa Kelas 1-6.

    Kegiatan diawali dengan pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Mars Kebumen.

    Kepala SD Negeri 1 Wonorejo Ma’rifah SPd MPd dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh tamu undangan. Kegiatan bertujuan dalam rangka penilaian lomba kelas yang melibatkan siswa, guru dan paguyuban wali siswa. Ini juga untuk memberikan edukasi kepada warga sekolah tentang Geopark Kebumen.

    “Sekolah akan berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan menjadi kegiatan yang bermanfaat dan mendekatkan anak dengan Geopark Kebumen. Sekolah akan berusaha membumikan Geopark Kebumen,” tuturnya.

    Ma’rifah juga juga mengapresiasi semangat paguyuban wali siswa dalam berpartisipasi di lomba kelas. Sekolah adalah milik bersama dan dijaga bersama. Kegiatan rutin pembiasaan harian yang sudah baik untuk terus dijalankan dan dilanjutkan. “Sekolah juga senantiasa mengharapkan saran dan masukan terkait inovasi-inovasi untuk sekolah,” paparnya.

    Pengawas SD Kecamatan Karanganyar Siti Mutmainah SPd mengapresiasi antusiasme warga sekolah. Bersama-sama saling memajukan pendidikan utamanya di SD Negeri 1 Wonorejo. SD Negeri 1 Wonorejo juga semakin maju terkait pencapaiannya utamanya dalam program sekolah adiwiyata. 

    “Kami juga berterimakasih kepada paguyuban wali siswa atas perjuangan, kerja sama, kekompakan, untuk mendukung kemajuan sekolah sehingga tercipta kerukunan, suasana nyaman, bersih, sehat, hijau, ramah anak dan ramah guru,” jelasnya.

    SD Negeri 1 Wonorejo juga mendatangkan narasumber dari Tim Geopark Kebumen dalam kegiatan Geopark Goes to School. Dalam sosialisasi Geopark Kebumen disampaikan Muwakhir Arifin dan Tim Geopark Kebumen. Tim juga mengapresiasi untuk SD Negeri 1 Wonorejo yang sangat mencerminkan Geopark Kebumen. 

    Penilaian lomba kelas dilaksanakan oleh juri dengan mengecek satu persatu kelas yang ada. Kepala Disdikpora juga berkeliling untuk meninjau kelas dan inovasi lingkungan. 

    Kepala Dikpora  Kebumen Yanie Giat Setyawan menyampaikan sekolah di desa disesuaikan dengan kemampuan masyarakat desa. Kolaborasi antara wali murid, murid, dan sekolah sehingga Geopark Kebumen akan lebih optimum untuk masyarakat Kebumen. Dalam Kurikulum Merdeka, sesuai dengan kurikulum pemerintah, sekolah dapat menggali potensi yang ada di desa masing-masing dari makanan, kerajinan, potensi alam dan lain sebagainya.

    Kegiatan hiburan diisi dengan Drumband Gita Wono Marduswara SD Negeri 1 Wonorejo dengan pelatih Sutrisno. Dilanjutkan dengan pertunjukkan dari grup kesenian Kothekan Desa Wonorejo. harapkan anak-anak akan lebih mengenal kesenian dan budaya lokal masing-masing.

    Mengakhiri kegiatan, dilakukan tasyakuran gelaran “among-among” makan bersama dengan beralaskan daun pisang. Tujuan kegiatan untuk menjalin keakraban diantara warga sekolah dan mendukung kearifan lokal. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top