• Berita Terkini

    Selasa, 01 Oktober 2024

    Biogas Bikin Warga Semali Hemat LPG


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Warga Desa Semali Kecamatan Sempor kini dapat memanfaatkan biogas dari TPA Semali untuk keperluan sehari-hari. Ini setelah Pjs Bupati Kebumen Boedyo Dharmawan meresmikan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT Biro Klasifikasi Indonesia dan PT Surveyor Indonesia TJSL di Wana Wisata Wadasmalang Desa Semali Sempor, Selasa (30/9).



    Dalam program TJSL ini, pemerintah  menyalurkan biogas melalui pipa ke rumah-rumah warga.  Adanya bantuan tersebut sangat membantu masyarakat. Mengingat, biogas ini mampu menghemat penggunaan gas elpiji


    Dalam sambutannya, Pjs Bupati Kebumen Boedyo Dharmawan yang kemarin didampingi Sekda Edi Rianto menyampaikan TJSL merupakan wujud nyata dari pegiat pembangunan untuk mewujudkan keadilan bagi masyarakat. Ini juga bagian dari kontribusi dunia usaha dalam memperbaiki kualitas lingkungan.


    "Atas nama Pemkab Kebumen kami sampaikan terima kasih kepada PT BKI dan PT SI atas dipercayanya Kebumen untuk menerima Program TJSL,  " tuturnya.


    Pihaknya juga berpesan kepada para penerima Program TJSL tersebut agar senantiasa menjaga dan merawat dengan baik. Sehingga apa yang diterima dapat memberikan manfaat dan berdampak baik bagi lingkungan.


    Kepala DLHKP Kebumen Asep Nurdiana menyampaikan di Kebumen terdapat dua TPA yakni TPA Kaligending Karangsambung dan TPA Semali Sempor. Kedua TPA tersebut sudah dimanfaatkan untuk biogas yang dapat dinikmati oleh masyarakat.


    Dalam hal ini sampah dapat menjadi energi alternatif untuk membantu masyarakat. Sehingga pengeluaran untuk membeli gas elpiji dapat berkurang. Manfaat biogas sudah dapat dirasakan oleh masyarakat.


    Sementara itu salah satu penerima manfaat  Parsi warga RT 3 RW 4 Semali mengaku sangat senang dengan adanya bantuan biogas tersebut. Biasanya dalam sebulan pihaknya akan menghabiskan tiga tabung elpiji ukuran 3 kilogram. Namun berkat bantuan biogas tersebut dalam tiga minggu belum habis satu tabung.


    Ini sangat bermanfaat untuk membantu kebutuhan elpiji. Terima kasih, semoga awet dan bertahan dengan baik,  ucapnya. (mam) 



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top