• Berita Terkini

    Minggu, 06 Oktober 2024

    Desa Giripurno Jadi Sasaran TMMD Sengkuyung IV


     KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Desa Giripurno Kecamatan Karanganyar menjadi sasaran TMMD Sengkuyung tahap IV Kodim 0709 Kebumen. Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap IV tahun anggaran 2024 digelar di lapangan Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Prov. Jateng. Rabu (02/10/2024) 

    TMMD mengambil tema "Darma Bakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah" dibuka dengan ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana dan Pjs Bupati Kebumen Boedyo Darmawan. 

    Pjs. Bupati Kebumen, Boedyo Darmawan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya kembali TMMD Sengkuyung. TMMD merupakan bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sekaligus wujud semangat yang sejalan dengan konsep pembangunan Kabupaten Kebumen. 

    Boedyo mengatakan bahwa sinergitas dan kemanunggalan antara TNI dan Pemerintah menjadi suatu keutamaan serta perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun negeri.

    "Bahu-membahunya seluruh elemen berbangsa dan bernegara inilah yang akan menjadi akar yang kokoh, atas berbagai problema kebangsaan yang menghampiri Saya berharap melalui Program TMMD ini, soliditas dan sinergitas kita dapat senantiasa terjalin erat, baik selama Program TMMD ini berlangsung maupun setelah program ini usai," jelasnya.

    Ia melanjutkan bahwa sudah selayaknya pemerintah daerah dan TNI merupakan komponen bangsa yang sudah seharusnya saling bergandengan tangan, saling bahu membahu mengatasi berbagai kesulitan dan keterbatasan. Semangat dan kontribusi nyata yang manunggal dan harmonis akan mewujudkan mimpi kita untuk mampu berdaya saing, maju, dan sejahtera, serta menghalau berbagai permasalahan bangsa yang menerpa.

    " Saya berpesan kepada semua pihak yang terlibat, baik TNI, Pemerintah Kabupaten Kebumen, Pemerintah Desa Giripurno, dan juga seluruh elemen masyarakat desa untuk senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program, serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong royong," jelasnya.

    Pihaknya juga mengajak untuk sukseskan seluruh Program TMMD ini, baik fisik maupun nonfisik. Mudah-mudahan dengan terlaksananya Program TMMD ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempererat kemanunggalan TNI dengan masyarakat dapat tercapai dengan baik. 

    "Kepada seluruh jajaran Pemerintah Desa Giripurno dan elemen masyarakat, saya mengucapkan selamat, mudah-mudahan kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Saya ingin desa-desa di Kabupaten Kebumen makin sejahtera. Ini tidak akan tercapai tanpa kerja sama yang sinergis dari berbagai elemen dalam masyarakat," jelasnya.

    Boedyo akan terus mengoptimalkan berbagai program lintas sektoral untuk Kabupaten Kebumen yang makin sejahtera melalui Program TMMD. 

    "Saya berharap desa dapat menghidupkan lagi semangat swadaya dan gotong royong. Sesungguhnya segala hal yang kita berikan untuk membangun daerah, membangun desa adalah juga kita berikan untuk diri kita sendiri, keluarga dan anak cucu kita. Oleh karena itu, mari kobarkan semangat kebersamaan, manfaatkan momentum Program TMMD ini sebagai sarana mempererat kembali rasa kesatuan, kebersamaan dan semangat gotong royong membangun daerah yang telah memberi kita kehidupan, juga anak cucu kita di masa depan. "tutupnya. 

    Sementara Dandim 0709/Kebumen 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, mengungkapkan bahwa Program TMMD bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik apabila didukung adanya kerjasama dan gotong-royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat.

    "TMMD sendiri juga kita rasakan telah memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

    Dandim menjelaskan, pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap IV 2024 terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik yang nantinya diselenggarakan selama tiga puluh hari dengan Sasaran fisik utama Pembangunan Jalan Rabat Beton dengan panjang 710 meter dengan 3 meter dan tinggi beton 15 cm. 

    Sedang kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dan sosialisasi dari OPD terkait diantaranya kegiatan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0709 Kebumen, “Penanggulangan Narkoba dan Bahaya Sosial Media” dari Polres Kebumen, Penyuluhan Kesehatan dari Dinkes, dan Penyuluhan UMKM pembuatan emping dari DPPKUKM Kebumen. 

    " Program TMMD memberikan kesempatan serta membantu daerah-daerah yang belum tersentuh untuk mendapatkan akses pembangunan yang layak," jelasnya.


    Tak hanya itu, kegiatan TMMD juga menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta kebersamaan kepada masyarakat. Peran serta masyarakat Desa Giripurno sangat luar biasa karena mereka sadar bahwa program TMMD ini kedepan untuk kemajuan Desa dan bahkan meningkatkan perekonomian mereka. 


    "masyarakat sangat antusias mereka dengan sadar dan ikhlas memulai pekerjaan ini bahkan sebelum TMMD dibuka. Optimalkan berbagai program lintas sektoral di Kabupaten Kebumen karena kita ingin masyarakat makin maju, mandiri dan masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera, inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama," tandasnya. 


     Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs. Bupati Kebumen Boedyo Darmawan, Kasilog Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Inf Imron Masyadi Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardiantha Purwandhana, Dan Secata Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf Muhammad Arif, Kapolres Kebumen diwakili Kabaglog Kompol Hari, Kajari Kebumen Endi Sulistiyo, Kepala Pengadilan Agama Kebumen diwakili Kasub Kepegawaian Agus Priyogo, para Ka Dinas/OPD Kab. Kebumen, Forkopimca Karanganyar, Ketua Persit KCK Cab XXIX Kebumen, Lindawaty Ardianta beserta pengurus, serta Kades dan masyarakat Desa Giripurno. (fur


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top