• Berita Terkini

    Kamis, 10 Oktober 2024

    Entaskan Warga Miskin Ekstrem, Baznas Jateng Salurkan Perbaikan RTLH Senilai Rp2,980 Miliar

     

    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.

    KEBUMENEKSPRES.COM, SEMARANG – Badan Amil Zakat Nasional (Basnas) Jawa Tengah menyerahkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) kepada 160 warga dengan nilai total Rp2,980 miliar. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan ekstrem tahap III tahun 2024.

    Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno didampingi Ketua Baznas Jateng, Ahmad Darodji kepada Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat Jateng, Arief Djatmiko, di Kantor Setda Jateng pada  Kamis, 10 Oktober 2024.

    "Bantuan rehab RTLH dari Baznas ini merupakan salah satu sarana kita untuk bersama-sama menuntaskan kemiskinan ekstrem di Jateng," kata Sumarno di sela acara penyerahan RTLH.

    Dikatakan dia, tujuan dari perbaikan RTLH ini supaya hunian warna penerima bantuan menjadi sehat dan tertata rapi, sehinggga penghuninya nyaman. 

    Menurut Sumarno, indikator kemiskinan bukan hanya pada dengan kondisi rumah, namun juga menyangkut pendapatan ekonomi keluarga, kesehatan, dan sebagainya. Ia berharap, dengan dijadikannya rumah menjadi layak huni, maka penghuninya bisa semakin fokus untuk bekerja mencari nafkah.

    Dengan adanya perbaikan RTLH ini, lanjut Sumarno, harapannya juga akan berdampak terhadap pengurangan stunting. Sebab, rumah yang sudah layak huni ini tersedia sanitasi yang sesuai standar kesehatan, lantai tidak lagi tanah, dan terdapat jendela/sirkulasi udara, sehingga rumah menjadi sehat. 

    Sementara itu, Ketua Baznas Jateng, Ahmad Darodji mengatakan, pihaknya berkomitmen menyelesaikan program perbaikan RTLH sebanyak 750 unit pada 2024. Jumlah itu termasuk sebanyak 160 unit yang akan didistribusikan kepada warga miskin yang tersebar di berbagai daerah.

    "Kita bekerja sama dengan Baznas kabupaten/kota dan Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat Jateng, sehingga data kemiskinan kita semakin menurun," katanya.

    Dengan  kondisi rumah yang layak, menurut Darodji, maka diharapkan suasana rumah menjadi lebih nyaman, tenang, dan sehat. Selain itu, penghuninya semakin semangat bekerja, sehingga perekonomian atau kesejahteraan keluarga meningkat. 

    Selain program renovasi RTLH, Baznas Jateng juga terus menggencarkan beberapa program prioritas. Yaitu pelatihan pemberdayaan manusia dan bantuan permodalan usaha bagi warga miskin. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top