• Berita Terkini

    Kamis, 10 Oktober 2024

    Unik, Ratusan Domba Ikut Fashion Show


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Ratusan domba milik para peternak di Desa Jatimulyo Kecamatan Petanahan, bersolek dan diberi pakaian unik layaknya model. Domba-domba dari berbagai jenis tersebut ikut dalam gelaran “Fashion Show Domba”.

    Fashion Show Domba digelar oleh Pemerintah Desa Jatimulyo. Ini dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Desa Jatimulyo ke 100 tahun pada Kamis (10/10) siang.

    Domba-domba yang ikut dalam fashion show tersebut, menggunakan berbagai macam kostum unik untuk menarik hati para dewan juri. Bahkan, ada domba yang didandani seperti ratu, dengan mahkota yang dikenakan dikepalanya.

    "Ya ini bawa satu ekor, dihias pakai bando sama sayap dari kardus. Ikut memeriahkan ulang tahun desa yang ke 100,” tutur kata Dulud, salah satu peserta.

    Nurkholis, salah seorang pengunjung mengaku takjub dan kaget dengan adanya kontes domba yang terbilang unik itu. Jika biasanya kontes domba maupun kambing yang dinilai bobot dan keindahn bulu atau warna. Namun pada kontes kali ini domba dipasangi berbagai aksesoris dan juga pakaian unik.

    “Biasanya kalau kontes kambing atau domba kan dinilai dari bobot sama bulu atau warna. Ini termasuk unik, di Kebumen baru ada kontes domba tapi yang dinilai keunikan kostumnya. Unik sih bagus bisa menyedot animo masyarkat,” ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Jatimulyo Sabit Banani mengungkapkan, lomba fashion show domba ini digelar untuk memperingati satu abad desa Jatimulyo. Selain itu juga untuk memperkenalkan desa Jatimulyo sebagai salah satu sentra peternakan domba yang ada di Kabupaten Kebumen. 

    “Lomba ini untuk memeriahkan hari jadi ke satu abad Desa Jatimulyo. Kami juga ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bawa  Desa Jatimulyo merupakan salah satu sentral peternakan domba,” ungkap Sabit.

    Adapun kriteria penilaian fashion show domba tersebut diantaranya, dari segi keunikan kostum, serta kreatifitas dari para peternak. Merke nantinya akan memeperebutkan trophy dan uang tunai dengan total jutaan rupiah.

    Di Desa Jatimulyo sendiri menurut Sabit terdapat 200 perternak domba dengan jumlah populasi domba dan kambing hampir 2.000 ekor. Dengan tema pembangunan desa berdaya dan berdigdaya, diharapkan melalui lomba tersebut peternakan di Desa Jatimulyo semakin terangkat

    “Harapanya agar mereka merasa pede sebagai peternak dan bisa berinovasi sehingga peternakan di desa kami bisa terangkat,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top